Home » » Suka Duka Hidup Di Gang

Suka Duka Hidup Di Gang

Persis di sebelah kiri rumah gua adalah rumah pak haji. Di situ, pak haji tinggal hanya berdua dengan bu haji. Pak haji ini udah tua. Begitupun bu haji. Tua sampe rambutnya udah putih semua dan warna matanya udah abu2 gitu.

Pak haji ini udah gak kerja lagi - ya iyalah kan dia udah tua - tapi dia punya beberapa rumah kontrakan di deket rumahnya, jadi penghasilan dia lumayan sebenernya.
Karena dia gak ada kerjaan, dia jadi suka nyari2 kerjaan. Seperti nyongkel2 got, nyapu2 jalanan, mungut2 sampah bekas bungkus permen yang dibuang anak2.
Rajin kan pak haji ini?

Gua juga pertama2 tinggal disini seneng ama dia. Jalanan jadi bersih, got jadi gak mampet. Apalagi karna banyak kontrakan, otomatis banyak anak2 tuh di gang. Di sebelah kiri rumah pak haji ini ada warung pula, jadi anak2 abis jajan suka buang bungkusnya gitu aja ke jalan.

Tapi ada satu hobi pak haji ini yang gua sangat sangat sangat tidak suka. Ada 2 sih sebenernya. Gua benci sampe2 semua kelebihannya itu gak ada artinya lagi di mata gua. Eh... ternyata ada 3 ding.

Pertama, dia berobsesi menjadi tukang.

Dia hobi banget memukul kayu2 atau something yang menyerupai wujud meja or bangku tapi versi jeleknya. Gua gak tau deh darimana dia ngumpulin kayu2 sebanyak itu supaya dia bisa malu bertahun2.
Pertama2 gua kira dia benerin perabotnya yang udah rusak. Tapi lama2 gua wondering juga, kok perabotnya rusak mulu? Emang perabotannya ada berapa banyak sih?

Trus gua mulai curiga.. dia udah berhasil maku, trus besokannya dicopot lagi trus dipalu lagi, trus dicopot lagi, begitu terus supaya dia tetep ada kerjaan. Dan lama kelamaan gua makin yakin ama teori gua ini. Apa lagi coba kemungkinannya?

Mestinya obsesi dia ini gak bikin gua kesel donk ya. Toh kayu - kayu dia, tenaga - tenaga dia, palu - palu dia, suka2 dia lah, ngapain gua urusin.

Masalahnya waktunya itu yang gua gak suka. Dia nukang gitu jam set. 7 pagi!
Kadang malah masih jam 6, dia udah mulai tok-tok-tok di depan. Kamar gua kan di depan, jadi kedengeran banget suara berisiknya sampe ke kamar gua. Malah ditambah efek echo jadinya malah makin gede suaranya.

Gua benci banget deh. Lagi asik2 tidur bangun gara2 bunyi tok-tok-tok gitu. Jadi pusing kepala gua. Kalo hari kerja gua gak terganggu toh jam segitu gua juga udah siap2 mo brangkat kan. Tapi kalo sabtu minggu itu loh....
Sekali2nya bisa tidur lamaan, malah kebangun gara2 bunyi bertalu2 gitu, bete banget gua.

Dia kan udah tuir, gak butuh tidur banyak2, lah gua.. gua kan masih muda, masih butuh tidur lama buat menjaga kekencengan kulit gua, iya gak.. kalo tiap hari kurang tidur bisa keriput dini nih gua. Iya kan? Iya kan?

Lagian yang dikerjainnya juga gak penting ini, mukulin kayu2 jelek gak berguna. Gak tau gua, kenapa segitu obsesinya sih dia.. mungkin waktu mudanya pengen jadi tukang kayu gak kesampaian atau gimana.. jadi tuanya kerjanya nukang gak jelas gitu..

Kedua, dia hobi banget bakar2an sampah.

Kalo hobi bakar2an daging alias bbq sih gua oke2 aja ya, kan baunya wangi tuh.. sukur2 kalo dikasih. Lah, ini hobinya bakar sampah.
Padahal sampahnya juga gak banyak2 amat lo, dan gak jelas juga itu sampah apa. Biasanya kan yang dibakar itu sampah kebon ya, ranting2 atau daun2 yang banyak dibakar buat jadi pupuk.

Dia gak ada kebon, gak ada tanah tepatnya, tinggal juga cuma berdua, sampahnya pasti gak banyak donk. Trus gua gak ngerti deh yang dibakar itu apa. Cuma seonggok gitu doank yang dibakar.

Gua gak abis pikir.. kenapa harus dibakar? Kenapa gak dibuang aja? Emang ada rahasia yang sangat penting gitu sampai harus dihancurkan? Apa dia punya surat2 cinta yang gak mau dibaca istrinya? Atau jangan2 dia bekas agen rahasia?

Dan suenya, rumah di depan gua itu rumah kosong - rumah kosong ini bikin banyak masalah banget deh buat gua, nanti gua ceritain lebih lanjut - jadi dia bakar sampahnya di depan rumah kosong itu, yang otomatis juga di depan rumah gua.

Masaoloh asepnyaaaaaa... gua ampe mau mati batuk2, gua paling gak suka loh asep2 itu, semua rumah jadi bau, selimut bau, handuk bau, rambut juga bau..
Dan tebak jam berapa dia suka melakukan ritualnya itu?

Jam 6 pagi juga!!!
Jadi kalo dia gak nukang, dia bakar sampah!

Bakar sampah ini lebih menjengkelkan daripada nukang. Karena efeknya sama, gua jadi bangun, tapi plus asep karena asepnya disedot semua ama ac gua masuk ke kamar gua, dan gua akan bangun sambil terbatuk2 sambil spanning naek ke ubun2...

Bete banget deh gua, karna ac gua itu gak gua pasang timer, jadi kalo gua bangun baru gua matiin ac-nya. Gua gak suka pake timer, karna gua gak suka kebangun karna kepanasan. Apalagi kalo harus kebangun karna keasepan!

Pernah gua saking kekinya, gua keluar trus gua siram bakar2annya pake selang. Gua intip dari pintu, eh si pak haji dateng sambil ngoprek2 onggokannya, kaget kali dia apinya mati, emang dia gak sadar ya kalo sekelilingnya udah basah.. dia masih berusaha nyalain lagi hahaha.. gua cuekin ajah. Gua udah bete banget abisan.

Ketiga, dia suka buang sampah bekas makanannya ke ember yang ditaro gitu aja di perbatasan rumah kita.

Ember yang gak diplastikin, atau ditutupin loh. Jadi ember itu jorok banget, isinya tulang2 ikan, tulang ayam, sisa2 sayur, kulit buah, ditaro di depan gitu aja. Kalo cuma merusak pemandangan sih gua gak bakalan sampe memasukkan hal ini ke list gua.

Yang parah tuh, sisa sampahnya suka digondol tikus masuk ke rumah gua! Ini yang bikin gua bete!
Nanti di sela2 pot tanaman gua ada tulang ikan lah, tulang ayam lah, ada biji mangga lah, bonggol jagung lah.. ama tai2 tikus! Gimana gua gak keki coba, sampahnya masuk ke rumah gua plus hasil olahannya!

Apa salahnya sih sampah tuh diiket di plastik atau ditutup, atau digantung kek supaya gak dibongkar2 tikus dan kucing. Dia hidup udah berapa puluh tahun masa hal kaya gini aja gak tau sih?

Soal sampah ini gua bahkan udah pernah bilang ama bibik gua, tapi katanya emang udah pernah dibilangin tapi tetep aja begitu gak ada perubahan. Gondok deh gua dengernya.

Gua jadi bingung, laen kali kalo dia bakar sampah lagi, langsung gua sirem aja supaya dia tau gua gak seneng dia bakar sampah di depan rumah gua atau gua coba kasih tau dia ya jangan bakar sampah di situ. Gua ragu juga sih dia bakal dengerin gua, secara gua kan new comer, walaupun udah 4 taon tapi tetep aja new comer dibanding dia kan..

Haaaaahhhh.. susahnya tu hidup di gang gini nih.. mana tuh tepa selira, tenggang rasa, bullshit lah semuanya. Huh.

Trus sue gua makin bertambah karna rumah di depan gua itu kosong. Jadi orang2 pada parkir motor, parkir bajaj, parkir sepeda, parkir gerobak di depan rumah gua.
Kalo yang parkir sopan sih mobil gua masih bisa keluar masuk, tapi kadang ada orang2 tertentu yang bener2 ngeselin. Parkirnya serampangan aja gitu, gak dipinggirin, jadinya gua mesti panggil2 dulu.

Dan ini sering loh, jadi mestinya dia ngerti kalo dia parkirnya begitu mobil gak bisa keluar masuk, tapi tetep aja begitu lagi. Jadi bete juga lama2. Pengen gua tendang aja motornya kadang hehe.. atau pengen gua suruh david tabrak ajah.. paling2 kita cuma keluar duit asuransi 200 ribu buat ilangin lecet2nya.. tapi bayangkan kepuasan yang gua dapet wuahahahaha.. *ketawa setan*

Yah, tapi gua masih waraslah, selama gua masih tinggal di sana, gak mungkin gua cari gara2, bisa2 gua dimusuhin.. atau lebih parah lagi nti dia balas dendam gimana.. orang kalo udah sakit hati kan nekad...

Walaupun harus gua akui banyak juga enaknya, bibik gua tinggalnya deket, kalo ada apa2 gampang panggilnya. Warung deket. Banyak orang nongkrong2 jadi aman. Tukang batu, tukang listrik semuanya ada di gang gua itu. Tinggal panggil aja. Ada yang jual mangga dari kampung masak pohon asli murmer cuma 6-7 ribu. Ada warung makan yang kalo lagi kepepet bisa beli di situ, murahnya juga gak usah ditanya...

Tapi tetep aja kalo kebangun pagi2 buta gara2 bunyi tok-tok-tok atau sesak napas karna asep atau tiba2 ngeliat tanaman gua digigit tikus atau mesti geser2 motor n gerobak yang ngalangin jalan bikin gua senep juga...

Gitulah suka duka gua hidup di gang.. huuhuuuu T_T

Padahal sebenernya gua itu tetangga yang manis loh. Gua jarang bikin masalah ke orang2. Gak pernah macem2. Diem aja di rumah gua mah. Tapi tetep aja kesabaran gua yang manis ini ada batasnya kan?